Sabtu, 13 November 2010

Pebelajaran Yang Mengesankan

2 bulan ini selama saya menjadi seorang mahasiswa fakultas psikologi, banyak sekali pelajaran yang saya ambil dari itu semua. Banyak sekali pelajaran-pelajaran baru yang sanagt menarik minat saya, itulah yang membuat saya semakin yakin untuk meneruskan perjalanan saya ini. walau sebenarnya jujur saya pertama kali saya menginjakkan kaki dikelas psikologi saya merasa belum siap menjalani itu semua. Tapi setelah saya rasakan, mamang ini lah jalan yang akan membuat saya menjadi seoarang yang sukses kelak….amin. mata kuliah yang sanagt menarik semakin memacu saya untuk dapat menguasai ilmu itu semua, filsafat dan psikologi umum adalah mata kuliah yang sangat menarik buat saya karena ini adalah pertama kalinya saya mempelajari ilmu itu. Mata kuliah yang lain juga sanagt menarik tapi memang kebanyakan sudah pernah saya pelajari waktu duduk dibangku sekolah dulu, sedangkan filsafat dan psikologi umum kan benar-benar baru buat saya jadi membuat saya lebih bersemangat lagi. Karena saya suka mempelajari hal-hal yang baru, yang menurut saya itu sangat menarik.
Pertemuan pertama pelajaran filsafat, dosen pengajar membuat anak-anak termasuk saya kaget, bayangkan saja pertama masuk langsung dikasih soal hehehe dosen yang begitu serius menurut saya. pertemuan pertama dan selanjutnya lancer-lancar saja, tanpa ada kuis tapi kita diberi tugas untuk membuat paper tentang filosof-filosof ternama. Tidak ada masalah sich untuk tugas karena menurut saya tugasnya sangat simple tidak merepotkan anak-anak dan tidak membuat anak-anak bingung, tapi ya mungkin karena anak-anak sendiri yang membuat bingung hehehe wajar saja karena dosennya menurut anak-anak kurang asyik hehehe. Tapi kalau buat saya sich tidak ada masalah karena kalau kita tidak menyukai dosen yang bersangkutan nantinya kita akan sangat sulit untuk menerima ilmu dari dosen yang bersanguktan tersebut, kalau segesti kita sudah jelek pasti nantinya hasil yang kita dapat pasti juga tidak memuaskan, itu menurut saya hehehe
Filsafat mengajarkan kita berfikir, karena dalam filsafat yang digunakan adalah rasio. Jadi siapapun yang mempunyai rasio bisa berfilsafat, itu sich yang dikatakan oleh dosen filsafat hehehe. Filsafat telah banyak mengajarkan saya untuk dapat berfikir kritis dan menggunakan logika berfikir dalam setiap menghadapi masalah walau semua itu sangat sulit. Tapi selama kita mau belajar kita pasti bisa memahami itu semua, karena setiap manusia menginginkan yang terbaik untuk dirinya.
Terus mata kulliah psikologi umum, mata kuliah yang begitu membuat saya semangat untuk terus mengikutinya. Pelajaran yang menarik ditambah dengan dosen yang menurut saya sangat professional membuat setiap kali ada mata kuliah itu kelas menjadi sangat nyaman. Karena anak-anak sangat menikmati pelajaran yang diberikan sang dosen, kelas yang sangat berisik ketika mata kuliah lain menjadi tenang ketika dosen psikologi umum mulai mengajar. Metode pengajarannya sangat bagus membuat semua mahasiswa menjadi semangat untuk belajar. Tugas yang diberikan pun bukan sekedar tugas yang biasa, jadi semua mahasiswa dituntut untuk berusaha memahami tugas yang mereka kerjakan. Emang sich awalnya anak-anak masih cuek tapi lama kelamaan anak-anak makin terpancing untuk dapat memahami mata kuliah itu. Setiap dosen memberikan tugas dan ketika waktu pembahasan tugas-tugas itu, tiap mahasiswa ditanyai satu persatu dan mempertanggung jawabkan tugas mereka masing-masing. Tetap yang dibahas adalah masalah teori, karena psikologi umum 1 hanya sebagai pengenalan kepada mahasiswa sebelum mereka benar-benar belajar psikologi yang sebenarnya di semester selanjutnya. Jadi selama ini kita hanya akan membahas tentang teori-teori dan tentunya dengan menghafal tentang pengemuka teori-teori psikologi tersebut.
Selama 2 bulan ini benar-benar perjalanan yang sangat menyenangkan untuk saya, saya telah belajar banyak dari pelajaran ini semua. Semoga ini akan menjadi awal yang baik untuk perjalan saya selanjutnya, dan saya dapat mencapai cita-cita yang benar-benar saya impikan. Amin………

Tidak ada komentar:

Posting Komentar